Candi Sambisari

(Foto Candi Sambisari)

Candi Sambisari dibangun sekitar abad 9 pada masa pemerintahan Raja Rakai Garung yang berkuasa di Kerajaan Mataram Kuno dari Wangsa Syailendra. Candi Sambisari merupakan candi Hindu dan dibangun seperti kebanyakan candi yang ditemukan di Jawa Tengah yakni untuk memuja Dewa Siwa.

Candi Sambisari ditemukan kembali secara tidak sengaja oleh warga lokal pada tahun 1966 di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Sleman. Setelah itu dilakukan pemugaran oleh Balai Arkeologi Yogyakarta dan selesai pada tahun 1986. Nama dusun ini kemudian diabadikan menjadi nama candi ini.

Candi Sambisari terletak di bawah permukaan tanah, sedikit berbeda dari candi Hindu pada umumnya yang biasanya dibangun di tempat-tempat tinggi. Candi ini diperkirakan terkubur oleh material letusan Gunung Merapi pada tahun 1006.

Terdapat 4 bangunan candi, 1 candi utama dan sisanya candi perwara. Karena Candi Sambisari merupakan Candi Siwa, maka pada candi utama terdapat pahatan patung di dinding luar bagian dalam candi yang berkaitan dengan Dewa Siwa, yaitu sosok Durga Mahisasuramardhini, Ganesha, dan Mahaguru Agastya. Sementara pada bagian tengah candi utama terdapat ruangan yang mana di dalamnya terdapat lingga dan yoni.