The Lighthouse: Kutukan si Burung Camar

 

The Witch (2015) adalah karya Robert Eggers yang memuat unsur dengan tokoh-tokoh yang berkarakter relijius yang kemudian kehadiran teror sihir menguji keimanan mereka. The Witch hadir dengan visual dan music yang begitu gelap. Adegan tiap adegan pun sangat menganggu dan totally dark. Apalagi beberapa tokoh ada anak kecil dan bayi.

Kemudian 2019 yang lalu Robert Eggers mengeluarkan karya terbarunya berjudul The Lighthouse. Sama seperti The Witch, seting waktu The Lighthouse tak jauh dari kisaran 1800 an. Namun kali ini The Lighthouse hadir dengan gambar hitam putih dan tampak lebih sederhana. Berseting di satu tempat, dan hanya melibatkan 2 pemain utama dan 2 pemain pembantu yang mana mereka pun hanya muncul 1-2 kali.

The Lighthouse berkisah mengenai seorang penjaga mercusuar Thomas Wake (Willem Dafoe) dan asistennya Thomas Howard (Robert Pattinson) yang menjaga sebuah mercusuar di sebuah pulau terpencil yang di kelilingi lautan. Cerita berpusat pada Thomas Howard, si asisten baru. Demi iming-iming gaji besar ia mau berlayar menerjang ganasnya laut dan tinggal beberapa waktu di pulau terpencil di tengah lautan. Berdua hanya dengan atasannya. Ia berusaha untuk patuh dan tidak berbuat aneh-aneh, kuatir gajinya akan dipotong. Tapi keadaan di mercusuar memaksanya tidak tahan untuk melakukan hal-hal di luar kehendaknya. Ada beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan oleh Howard. Pertama, terlarang baginya naik ke lantai atas di mana lampu mercusuar berada. Hanya si bos yang boleh ke sana. Kedua, jangan pernah mencelakai apalagi membunuh burung camar yang ada di pulau itu bila tak mau bernasib sial.

Keanehan satu persatu terjadi pada Howard: ia menemukan sosok putri duyung yang sangat cantik terdampar di batu karang, lalu melihat bagian tubuh makhluk yang mirip ekor gurita di saat mengintip bosnya di lampu mercusuar, dan menemukan bagian kepala mantan asisten Wake, yang katanya gila dan hilang, di dalam perangkap lobster.

Kebosanan yang melanda Howard dan tekanan penghinaan dari si bos menjadi awal goncangan kejiwaan Howard. Hal ini mempengaruhi emosi dan tabiatnya kemudian seperti pada akhirnya ia membunuh burung camar dan keinginan untuk masuk ke puncak menara yang berujung matinya si bos.

Sepanjang film kita akan dibuntuti rasa penasaran akan misteri apa yang sebenarnya meliputi isi pulau dan menara mercusuar ini, misteri yang disimpan rapat oleh si penjaga mercusuar. Di film ini kita akan disuguhi penampilan yang luar biasa dari aktor senior Wilem Dafoe dan kematangan akting dan penampilan gemilang dari Robert Pattinson.